7 prinsip koperasi dan penjelasannya.

Posted: December 22, 2009 in Uncategorized

7 prinsip koperasi dan penjelasanya.
DOSEN: YUDILLA VIRDA
MATA KULIAH: EKONOMI KOPERASI

KELOMPOK:
-NOVRITA M. ULI (20208911)
-NABILAH(20208867)

Prinsip-prinsip koperasi Indonesia menurut UU No.25 tahun 1992 yang berlaku di Indonesia saat ini adalah sebagai berikut :

1.Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
Pada prinsip pertama ini berarti keanggotaan koperasi ini terbuka bagi masyarakat luas.Semua masyarakat yang memiliki keinginan untuk menjadi anggota koperasi akan diterima dengan tangan terbuka tanpa adanya paksaan dari pihak koperasi itu sendiri.Satu hal yang penting,bagi masyarakat yang berkeinginan manjadi anggota koperasi pun harus memiliki sikap sukarela bukan karena mengharapkan sesuatu apalagi karena paksaan.

2.Pengelolaan dilakukan secara demokrasi
Pengelolaan didalam suatu kopersi dilaksanakan dengan demokrasi.Terutama dalam pengambilan keputusan oleh pihak-pihak yang terkait dalam badan koperasi itu sendiri.Jadi disini semua pihak berhak mengajukan pemikiran atau pendapat sendiri-sendiri.Tidak hanya mendengarkan 1 pemikiran atau pendapat saja.

3. Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota.
pembagian SHU kepada anggota dilaksanakan tidak berdasarkan modal yang dimiliki seseorang dalam koperasi tetapi berdasarkan perimbangan jasa usaha anggota terhadap koperasi.Jadi pembagian shu yang ada itu berdasarkan jasa usaha perorangan terhadap koperasi itu .

4. Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal
Balas jasa yang diberikan kepada anggota tidak berdasarkan besarnya modal.Jadi balas jasa yang diberikan oleh kopersai ini sendiri terbatas tidak sesuai dengan besarnya modal.

5. Kemandirian
Koperasi bersifat mandiri,tidak bergantung pada pihak lain.Jadi,koperasi ini hanya berlandaskan rasa kepercayaan kepada pertimbnagan dan keputusan dan usaha sendiri.maka dari itu kopersai ini dapat medidik anggotanya menjadi mandiri.

6. Pendidikan perkoperasian
Pendidikan akan koperasi ini sangat penting untuk membuat masyarakat menjadi tahu koperasi dan aspek-aspeknya.Jadi sangat penting untuk memperluas wawasan anggotanya juga sangat membantu sekali.

7.Kerja sama antar koperasi
Kerjasama antara koperasi-koperasi yang ada.Sehingga hal ini dapat membuat koperasi ini satu sama lain menjadi kuat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s