MENGENAL HIV dan AIDS

Posted: December 25, 2009 in Uncategorized

Kita tau bahwa sekarang banyak sekali orang yang terkena penyakit HIV dan AIDS, mulai dari orang dewasa, remaja sampai anak kecil sekalipun. Terutama dikalangan anak muda(remaja) jaman sekarang, dimana banyak sekali remaja yang melakukan seks bebas dan penggunaan narkoba(menggunakan jarum suntik). Sedangkan sampai sekarang kita belum mengetahui bagaimana cara penanggulangannya.

Pada artikel ini saya akan menjabarkan atau menjelaskan apakah sebenarnya HIV dan AIDS, serta bagaimana cara  penularan penyakit tersebut.

HIV(human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menurunkan kekebalan tubuh manusia termasuk golongan retrovirus yang terutama ditemukan di dalam cairan tubuh, seperti darah, cairan mani, cairan vagina dan air susu ibu.

Sedangkan, AIDS(Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah sekumpulan gejala penyakit yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh. AIDS disebabkan oleh infeksi HIV. Akibat menurunnya kekebalan tubuh dapat timbul berbagai penyakit oportunustik seperti, TBC, Kandidiasis, berbagai radang pada kulit, paru, saluran pencernaan, otak dan kangker.

Adapun beberapa sebab mengapa AIDS perlu mendapat perhatian khusus adalah pertama, karena belum ada obat untuk menyembuhkan dam belum ada vaksin yang bias mencegah infeksi HIV. Kedua, karena pengidap HIV menjadi pembawa virus dan dapat menularkan penyakit seumur hidupnya, walaupun tidak merasa sakit dan tampak sehat. Ketiga, biaya pengobatan mahal/harus seumur hidup. Keempat, menurunkan mutu sumber daya manusia dan produktifitas kerja, sehingga dapat mengganggu perekonomian Negara. Dan yang terakhir adalah penyakit ini telah menyebar dengan cepat keseluruh dunia, sebagian besar ditularkan melalui hubungan seks dan penggunaan jarum suntik terkontaminasi HIV pada pengguna narkotika(penasun).

Disini saya juga akan menjelaskan perbedaan antara pengidap HIV positif dengan penderita AIDS.

  • Pengidap HIV positif adalah seseorang yang telah terinfeksi virus HIV, dapat menularkan penyakitnya walaupun terlihat sehat dan tidak menunjukan gejala penyakit apapun.
  • Penderita ADIS adlah seseorang yang menunjukan tanda-tanda dari sekumpulan gejala penyakit yang memerlukan pengobatan, setelah sekian waktu terinfeksi HIV.
  • Perjalanan waktu seseorang tertular HIV hingga menderita AIDS dapat berlangsung lama, yaitu antara 5-10 tahun.

Sedangkan penularannya dapat dapat melalui:

  1. Lewat darah                                                                                                                                                                       Melalui transfuse darah/produk darah yang sudah tercemar HIV. Lewat jarum suntik yang d’pakai bergantian dengan orang yang sudat terjangkit HIV tanpa disterilkan. Dan adapun kegiatan lain seperti; menyuntikan obat, imunisasi, pemakaiaan alat tusuk yang menembus kulit(tindik,tato dan alat facial wajah).
  2. Lewat cairan mani dan vagian                                                                                                                                     Melalui hubungan seks tanpa menggunakan pengaman sehingga memungkinkan kontak cairan mani dan cairan vagina.
  3. Lewat air susu ibu(ASI)                                                                                                                                  Penularan ini dimungkinkan dari seorang ibu hamil yang HIV positif dan melahirkan dengan normal, kemudian menyusui bayinya dengan ASI. Kemudian penularan dari ibu ke bayi (mother to child transmission) ini berkisar hingga 30%, artinya dari setiap 10 kehamilan dari ibu HIV positif kemungkinan ada 3 bayi yang terlahir dangan HIV positif.

Dan agar lebih jelasnya HIV tidak ditularkan dengan; berpelukan, berjabat tangan, pemakaiaan wc(wastafel atau kamar mandi)bersama, berenang dikolam renang yang sama, gigitan nyamuk atu serangga lain, membuang kotoran(batuk,ingus,meludah), memakai piring, alat makan/ minum atau makanan bersama-sama.

Kita bisa mencegah atau mengantisipasi penularan HIV tersebut dengan; menghindari hubungan sex diluar nikah/berganti-ganti pasangan, pemakaian kondom pada mereka yang mempunyai pasangan HIV positif,menggunakan jarum suntik dan alat suntik lainnya yang terjamin kesterilitasnya, skinning darah donor, perempuan dengan HIV positif agar tidak hamil dan bila hamil mengikuti program HIV dari ibu ke anak, penggunaan kondom untuk transaksi seks beresiko.

APAKAH TANDA-TANDA SESEORANG TERINFEKSI HIV????

Sebenarnya tidak ada tanda-tanda khusus yang bisa menandai apakah seseorang telah terinfeksi HIV, karena keberadaan virus itu sendiri butuh waktu yang cukup panjang (5-10 tahun) untuk mencapai masa yang disebut  full-blown AIDS. adanya HIV di dalam darah bisa terjadi tanpa seseorang menunjukan gejala penyakit tertentu dan ini disebut masa terinfeksi HIV/HIV positif. Bila seseorang terinfeksi HIV untuk pertama kali dan kemudian memeriksa diri dengan menjalani tes darah, maka dalam tes pertama tersebut belum tentu dapat dideteksi adanya HIV di dalam darah. Hal ini disebabkan karena tubuh kita membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk membentuk antibody yang nantinya akan dideteksi oleh tes darah tersebut. Masa ini dikenal sebagai window period (periode jendela).

Dalam masa ini, bila orang tersebut ternyata sudah mempunyai HIV didalam tubuhnya (walaupun belim dapat dideteksi melalui tes darah), ia sudah bisa menularkan HIV terhadap orang lain melalui prilaku seksual tidak aman atau menggunakan jarum suntik yang tercemar.

Secara umum, tanda-tanda utama yang terlihat pada seseorang yang sudah sampai pada tahapan AIDS adalah:

  • Berat badan menurun 10% dalam waktu singkat(kurang lebih 6 bulan)
  • Demam tringgi berkepanjangan (lebih dari 1 bulan)
  • Diare berkepanjangan (lebih dari 1 bulan)
  • Batuk berkepanjangan
  • Kelainan kulit dan iritasi(gatal)
  • Infeksi mulut jamur dan kerongkongan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di seluruh tubuh, seperti dibawah telinga, leher, ketiak dan lipatan paha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s