kutipan

Posted: May 15, 2010 in Uncategorized

kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat dari seorang pengarang, atau ucapan seseorang yang terkenal, baik terdapat dalam buku-buku maupun majalah-majalah. walaupun kutipan atas pendapat seorang ahli itu diperkenankan tidaklah berarti bahwa sebuah tulisan seluruhnya dapat terdiri dari kutipan-kutipan berfungsi sebagai bahan bukti untuk menunjang pendapat penulis.

Di dalam bahasa indonesia terdapat dua jenis kutipan, yaitu :

1. kutipan langsung

kutipan langsung adalah kutipan yang ditulis sama persis dengan sumber aslinya, baik bahasa maupun ejaanya. kutipan langsung ditampilkan untuk mengemukakan konsep atau informasi segala data. titik-titik sepanjang satu baris menandai penghilangan sebuah kaliamt, titik-titik sebanyak tiga menandai penghilangan data, dan menandai adanya kesalahan dalam kalimat.

Kutipan langsung harus selalu disebut sumbernya, seperti juga bentuk-bentuk sumber tertentu yang diparafrase. Informasi yang bersifat mendasar, tanggal atau fakta yang penting, dan juga opini yang sudah dikenal secara universal tidak harus disebutkan sumbernya. Informasi yang tidak dikenal secara luas, entah itu fakta atau opini, harus disebutkan sumbernya, jadi harus didokumentasikan.

2. kutipan tidak langsung

kutipan tidak langsung adalah kutipan yang tidak sama persis dengan aslinya. pengutip hanya mengambil pokok pikiran dari sumber yang dikutip untuk dinyatakan kembali dangan kalimat yang disusun oleh pengutip.

cara dalam pembuatan kutipan :

-kalimat-kalimat yang mengandung kutipan ide tersebut ditulis sengan spasi rangkap sebagai teks biasa.

-semua kutipan harus dirujuk

-sumber-sumber rujukan dapat ditulis sebelum atau sesudah kalimat-kalimat yang mengandung kutipan.

Kutipan dalam teks

Semua referensi harus didokumentasikan dalam teks dan langsung diikuti oleh informasi yang diambil (yaitu setelah kutipan langsung, gagasan yang diparafrase, atau informasi lain yang diambil dari sumber lain). Kutipan dalam teks harus memasukkan rincian berikut ini:

  1. pengarang (hanya nama belakang)
  2. tahun penerbitan
  3. nomer halaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s